Rabu, 22 Juni 2011

BIOGRAFI IBNU ABBAS


Feb 14th, 2010 | By ibnuthohir | Category: Siroh

`Abdullah bin `Abbas bin `Abdul Muththalib bin Hasyim lahir di Makkah tiga tahun sebelum hijrah. Ayahnya adalah `Abbas, paman Rasulullah, sedangkan ibunya bernama Lubabah binti Harits yang dijuluki Ummu Fadhl yaitu saudara dari Maimunah, istri Rasulullah. Beliau dikenal dengan nama Ibnu `Abbas. Selain itu, beliau juga disebut dengan panggilan Abul `Abbas. Dari beliau inilah berasal silsilah khalifah Dinasti `Abbasiyah.
Ibnu `Abbas adalah salah satu dari empat orang pemuda bernama `Abdullah yang mereka semua diberi titel Al-`Abadillah. Tiga rekan yang lain ialah ‘Abdullah bin `Umar (Ibnu `Umar), `Abdullah bin Zubair (Ibnu Zubair), dan `Abdullah bin Amr. Mereka termasuk diantara tiga puluh orang yang menghafal dan menguasai  Al-Qur’an pada saat penaklukkan Kota Makkah. Al-`Abadillah juga merupakan bagian dari lingkar `ulama yang dipercaya oleh kaum muslimin untuk memberi fatwa pada waktu itu.

Beliau senantiasa mengiringi Nabi. Beliau menyiapkan air untuk wudhu` Nabi. Ketika shalat, beliau berjama`ah bersama Nabi. Apabila Nabi melakukan perjalanan, beliau turut pergi bersama Nabi. Beliau juga kerap menhadiri majelis-majelis Nabi. Akibat interaksi yang sedemikian itulah, beliau banyak mengingat dan mengambil pelajaran dari setiap perkataan dan perbuatan Nabi. Dalam pada itu, Nabi pun mengajari dan mendo`akan beliau.
Pernah satu hari Rasul memanggil `Abdullah bin `Abbas yang sedang merangkak-rangkak di atas tanah, menepuk-nepuk bahunya dan mendoakannya, “Ya Allah, jadikanlah Ia seorang yang mendapat pemahaman mendalam mengenai agama Islam dan berilah kefahaman kepadanya di dalam ilmu tafsir.”
Ibnu `Abbas juga bercerita, “Suatu ketika Nabi hendak ber-wudhu, maka aku bersegera menyediakan air untuknya. Beliau gembira dengan apa yang telah aku lakukan itu. Sewaktu hendak memulai shalat, beliau memberi isyarat supaya aku bendiri di sebelahnya. Namun, aku berdiri di belakang beliau. Setelah selesai shalat, beliau menoleh ke arahku lalu berkata, ‘Hai `Abdullah, apa yang menghalangi engkau dari berada di sebelahku?’ Aku berkata, ‘Ya Rasulullah, engkau terlalu mulia dan terlalu agung pada pandangan mataku ini untuk aku berdiri bersebelahan denganmu.’ Kemudian Nabi mengangkat tangannya ke langit lalu berdoa, ‘Ya Allah, karuniakanlah ia hikmah dan kebijaksanaan dan berikanlah perkembangan ilmu daripadanya.’”
Usia Ibnu `Abbas baru menginjak 15 atau 16 tahun ketika Nabi wafat. Setelah itu, pengejarannya terhadap ilmu tidaklah usai. Beliau berusaha menemui sahabat-sahabat yang telah lama mengenal Nabi demi mempelajari apa-apa yang telah Nabi ajarkan kepada mereka semua. Tentang hal ini, Ibnu `Abbas bercerita bagaimana beliau gigih mencari hadits yang belum diketahuinya kepada seorang sahabat penghafal hadits:

“Aku pergi menemuinya sewaktu dia tidur siang dan membentangkan jubahku di pintu rumahnya. Angin meniupkan debu ke atas mukaku sewaktu aku menunggunya bangun dan tidurnya. Sekiranya aku ingin, aku bisa saja mendapatkan izinnya untuk masuk dan tentu dia akan mengizinkannya. Tetapi aku lebih suka menunggunya supaya dia bangun dalam keadaan segar kembali. Setelah ia keluar dan mendapati diriku dalam keadaan itu, dia pun berkata. ‘Hai sepupu Rasulullah! Ada apa dengan engkau ini? Kalau engkau mengirimkan seseorang kemari, tentulah aku akan datang menemuimu.’ Aku berkata, “Akulah yang sepatutnya datang menemui engkau, karena ilmu itu dicari, bukan datang sendiri.’ Aku pun bertanya kepadanya mengenai hadits yang diketahuinya itu dan mendapatkan riwayat darinya.”
Dengan kesungguhannya mencari ilmu, baik di masa hidup Nabi maupun setelah Nabi wafat, Ibnu `Abbas memperolah kebijaksanaan yang melebihi usianya. Karena kedalaman pengetahuan dan kedewasaannya, `Umar bin Khaththab menyebutnya ‘pemuda yang tua (matang)’. Khalifah `Umar sering melibatkannya ke dalam pemecahan permasalahan-permasalahan penting negara, malah kerap mengedepankan pendapat Ibnu `Abbas ketimbang pendapat sahabat-sahabat senior lain. Argumennya yang cerdik dan cerdas, bijak, logis, lembut, serta mengarah pada perdamaian membuatnya andal dalam menyelesaikan perselisihan dan perdebatan. Beliau menggunakan debat hanya untuk mendapatkan dan mengetahui kebenaran, bukan untuk pamer kepintaran atau menjatuhkan lawan debat. Hatinya bersih dan jiwanya suci, bebas dari dendam, serta selalu mengharapkan kebaikan bagi setiap orang, baik yang dikenal maupun tidak.
`Umar juga pernah berkata, “Sebaik-baik tafsir Al-Qur’an ialah dari Ibnu `Abbas. Apabila umurku masih lanjut, aku akan selalu bergaul dengan `Abdullah bin `Abbas.” Sa`ad bin Abi Waqqas menerangkan, “Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih cepat dalam memahami sesuatu, yang lebih berilmu dan lebih bijaksana daripada Ibnu `Abbas.” Ibnu `Abbas tidak hanya dikenal karena pemikiran yang tajam dan ingatan yang kuat, tapi juga dikenal murah hati. Teman-temannya berujar, “Kami tidak pernah melihat sebuah rumah penuh dengan makanannya, minumannya, dan ilmunya yang melebihi rumah Ibnu `Abbas.” `Ubaidullah bin `Abdullah bin Utbah berkata, “Tak pernah aku melihat seseorang yang lebih mengerti tentang hadits Nabi serta keputusan-keputusan yang dibuat Abu Bakar, `Umar, dan `Utsman, daripada Ibnu `Abbas.”
Perawakan Ibnu `Abbas tinggi tapi tidak kurus, sikapnya tenang dan wajahnya berseri, kulitnya putih kekuningan dengan janggut diwarnai. Sifatnya terpuji, memiliki budi pekerti yang mulia, rendah hati, simpatik-empatik penuh kecintaan, ramah dan akrab, namun tegas dan tidak suka melakukan perbuatan sia-sia. Masruq berkata mengenainya, “Apabila engkau melihat `Abdullah bin `Abbas maka engkau akan mengatakan bahwa ia seorang manusia yang tampan. Apabila engkau berkata dengannya, niscaya engkau akan mengatakan bahwa ia adalah seorang yang paling fasih lidahnya. Jikalau engkau membicarakan ilmu dengannya, maka engkau akan mengatakan bahwa ia adalah lautan ilmu.”
Saat ditanya, “Bagaimana Anda mendapatkan ilmu ini?” Ibnu `Abbas menjawab, “Dengan lisan yang gemar bertanya dan akal yang suka berpikir.” Terkenal sebagai ‘`ulama umat ini’, Ibnu `Abbas membuka rumahnya sebagai majelis ilmu yang setiap hari penuh oleh orang-orang yang ingin menimba ilmu padanya. Hari-hari dijatah untuk membahas Al-Qur’an, fiqh, halal-haram, hukum waris, ilmu bahasa, syair, sejarah, dan lain-lain. Di sisi lain, Ibnu `Abbas adalah orang yang istiqomah dan rajin bertaubat. Beliau sering berpuasa dan menghidupkan malam dengan ibadah, serta mudah menangis ketika menghayati ayat-ayat Al-Qur’an.
Sebagaimana lazimnya kala itu, pejabat pemerintahan adalah orang-orang `alim. Ibnu `Abbas pun pernah menduduki posisi gubernur di Bashrah pada masa kekhalifahan `Ali. Penduduknya bertutur tentang sepak terjang beliau, “Ia mengambil tiga perkara dan meninggalkan tiga perkara. Apabila ia berbicara, ia mengambil hati pendengarnya; Apabila ia mendengarkan orang, ia mengambil telinganya (memperhatikan orang tersebut); Apabila ia memutuskan, ia mengambil yang termudah. Sebaliknya, ia menjauhi sifat mencari muka, menjauhi orang berbudi buruk, dan menjauhi setiap perbuatan dosa.”
`Abdullah bin Abbas meriwayatkan sekitar 1.660 hadits. Dia sahabat kelima yang paling banyak meriwayatkan hadist sesudah `Aisyah. Beliau juga aktif menyambut jihad di Perang Hunain, Tha`if, Fathu Makkah dan Haji Wada`. Selepas masa Rasul, Ia juga menyaksikan penaklukkan afrika bersama Ibnu Abu As-Sarah, Perang Jamal dan Perang Shiffin bersama `Ali bin Abi Thalib.
Pada akhir masa hidupnya, Ibnu `Abbas mengalami kebutaan. Beliau menetap di Tha`if hingga wafat pada tahun 68H di usia 71 tahun. Demikianlah, Ibnu `Abbas memiliki kekayaan besar berupa ilmu pengetahuan serta akhlaq `ulama.
http://www.lingkaran.org/biografi-ibnu-abbas.html


KEMUNCULAN Abdullah bin Abbas bak membawa bersama pancaran sinar Islam yang disebarkan Nabi saw di tengah-tengah masyarakat Arab jahiliah.

Rasulullah amat menyintai keluarga al-Abbas dan menyifatkan kedudukan pamannya dalam keadaan istimewa antara paman-paman baginda. Kecintaannya kepada Abdullah bin Abbas begitu mendalam.

Diriwayatkan bahawa ketika masih kanak-kanak lagi, Ibnu Abbas memasuki rumah Rasulullah. Baginda sedang bersama seorang yang belum dikenalinya. Abdullah gementar melihatnya lalu segera pulang dan melaporkan apa yang dilihatnya kepada ayahnya.

'Wahai anakku, engkau sebenarnya telah melihat Jibrail yang kebetulan sedang menemui Rasul,' jawab al-Abbas setelah mendengarnya.

Umum mengetahui Abdullah bin Abbas adalah seorang perawi hadis sejak ubun-ubunnya masih lembik. Beliau juga dikenali sebagai ahli tafsir (mufassir) dan hafiz (penghafal Al-Quran).

Ketika Nabi saw wafat, Abdullah baru berusia 13 atau 15 tahun tetapi dikatakan telah baligh.

Setelah wafat Nabi saw, Abdullah muncul sebagai seorang pemuda yang berjaya mencapai kedudukan terkemuka. Hati dan mindanya terbuka dan berkembang.

Beliau mengumpulkan beribu-ribu hadis Nabi saw, memahami Al-Quran sedalam-dalamnya di samping memberi fatwa mengenai pelbagai hukum agama.

Beliau malah pernah menduduki jawatan qadi dalam upaya menyelesaikan sesuatu hukum kepada orang-orang yang bersangkutan.

Abdullah tergolong dalam golongan tokoh ternama dan penting seperti Umar Ibnul Khattab, Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Mas'ud, Zaid bin Thabit dan Abdullah bin Umar.

Semasa Khalifah Abu Bakar As-Siddiq wafat, jawatan khalifah pindah kepada Umar Ibnul Khattab. Ketika itu Abdullah bin Abbas telah memiliki pencapaian ilmu yang tinggi. Ramai anggota masyarakat mendatanginya demi menimba ilmu.

Seperti Rasulullah, Khalifah Umar juga amat menyintai Abdullah bin Abbas. Mereka saling bermusyawarah dengan para sahabat dan para bijak pandai agama.

Khalifah Umar pernah menyatakan: 'Ibnu Abbas seorang pemuda yang telah matang ilmunya, berlidah amat bernilai dan berhati bersih.'

Sebaik-baik tafsir Al-Quran, ulas Khalifah Umar, adalah daripada Ibnu Abbas.

Mengenai fatwanya, Khalifah Umar berkata: 'Tiada fatwa yang pernah kudengar lebih baik daripada fatwa Ibnu Abbas.'

Ibnu Abbas amat menghormati Khalifah Umar dan mengagumi kewibawaannya memimpin negara.

Setelah Khalifah Umar wafat, Ibnu Abbas menerima layanan yang sejajar di zaman Khalifah Uthman Ibnu Affan. Khidmat baktinya sedikit pun tidak berkurang dalam apa juga bidang sebelumnya, termasuk berjuang di medan perang.

Apabila meragui sesuatu masalah agama, ramai sahabat biasanya berpegang kepada perkataan dan pendapat Ibnu Abbas.

Ibnu Abbas dikhatan Rasulullah. Tahap kesayangan Baginda kepadanya tidak berbelah bagi - sama seperti yang diberikan Rasulullah dan Khalifah Umar sebelumnya. Namun Ibnu Abbas tidak segan-segan menegur andai terdapat sesuatu yang dipandangnya kurang tepat dalam pemerintahan Khalifah Uthman.

Ibnu Abbas amat terharu mendengar berita pembunuhan Khalifah Uthman. Namun, menimbang beliau mempunyai hubungan kerabat yang rapat dengan Saidina Ali bin Abi Thalib, beliau terpaksa memihak kepada Sayidina Ali ketika timbul sesuatu ketegangan.

Ibnu Abbas bertindak sebagai orang tengah antara suku Bani Hasyim dan suku Bani Umaiyah yang menuntut bela atas pembunuhan Khalifah Uthman.

Ibnu Abbas seorang berkulit putih kekuning-kuningan, berbadan sasa dan tinggi. Sikapnya sentiasa tenang dan wajahnya sering berseri.

Beliau berbudi pekerti dan berakhlak mulia dan tinggi serta tegas segala tindakannya.

Di akhir hayatnya, beliau mengidap penyakit mata sehingga buta. Tahun Hijrah 68 merupakan tahun wafatnya bersamaan dengan wafatnya Khalifah Abdul Malik Ibnu Marwan.

Allah telah mengabulkan doanya supaya keturunannya (Dinasti Abbasiyah) mencurahkan bakti kepada agama hingga berjaya memimpin Dunia Islam tidak kurang daripada 600 tahun.


Adapun untuk penafsiran Ibnu Abbas bisa kalian lihat di link bawah ini..... silahkan download!
[PDF] 

ABDULLAH IBNU ABBAS DAN PENGARUH PEMIKIRANNYA DALAM PERKEMBANGAN PENAFSIRAN AL QUR'AN





Tidak ada komentar:

Posting Komentar